Jumat, 04 April 2008

Awas! Anda terinfeksi 6 VIRUS MUNAFIK

Pengantar Redaksi:
Munafiq adalah sebutan Al-Quran untuk orang yang berpura-pura, artinya apa yang dikatakan tidak sesuai dengan yang dikerjakan dan apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan hatinya. Mereka mengaku Islam tapi sesungguhnya mereka kafir, mereka mengaku teman orang soleh padahal mereka musuh. Tokoh munafiq pada jaman Rasulullah saw yang terkenal adalah Abdullah ibnu Ubay. Firman Allah swt dalam Al-Quran Surat 9:101, tentang golongan munafiq : mendapat siksaan dua kali di dunia, yaitu karena mengaku sebagai orang beriman mereka tersiksa harus mengerjakan perintah dan larangan Allah swt di depan orang lain yang sebenarnya mereka membencinya; kedua : mereka selalu cemas kalau rahasianya terbuka. Sedangkan di akhirat orang-orang munafik akan disiksa dengan siksaan yang berat.
Secara khusus Al-Quran pada Surah Munaafiquun (QS:63) membahas tentang sifat-sifat orang munafik seperti : sombong, suka bersumpah palsu, pendusta, kikir, suka menyalahi janji dan berkhianat.
Sebagai pengingat bagi pembaca dan khususnya penulis sendiri dan agar kita tidak terinfeksi virus munafik, rubrik “WARNING! VIRUS MUNAFIK MENJANGKITI ANDA!” akan memaparkan sifat-sifat orang munafik secara serial pada setiap terbitan. Semoga Allah swt menghindarkan kita dari sifat-sifat munafik, Amin. Selamat mengikuti.

Enam Bentuk Kemunafikan
Kemunafikan yang berkaitan dengan keimanan menurut Syeikh Abdullah bin Baz, Syeikh bin ‘Utsaimin, dan Syeikh bin Jibrin ada enam macam. Orang yang durhaka dengan melakukan salah satu bentuk kemunafikan ini akan berada di dasar neraka yang paling bawah. Bentuk-bentuk kemunafikan itu sebagai berikut:
1. Menolak atau tidak mengimani Rasulullah saw.
2. Menolak sesuatu yang dibawa atau yang disampaikan Rasulullah saw.
3. Memiliki rasa benci kepada Rasulullah saw.
4. Memiliki rasa benci kepada sesuatu yang dibawa atau disampaikan Rasulullah saw.
5. Merasa senang apabila ajaran agama yang dibawa Rasulullah saw berkurang atau menjadi lemah.
6. Merasa tidak senang jika ajaran yang dibawa Rasulullah saw menjadi kuat dan memperoleh kemenangan.
Mudah-mudahan kita semua terjauh dari perasaan, pemikiran dan perilaku dari 6 bentuk kemunafikan di atas. Amin.

(Bahan : Syekh Abdullah bin Baz, dkk. ‘Pedoman Ibadah Muslimah’ (Judul asli : Islamic Fatawa Regarding Women), Penerbit Khairul Bayan, 2004.)

Tidak ada komentar: